Mesra dengan Israel, India Tak Peduli Nasib Palestina

Selama puluhan tahun pemerintah India mendukung kemerdekaan Palestina. Namun, ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan Yerusaelem sebagai ibu kota Israel, respons New Delhi sangat lembek.

“Posisi India terhadap Palestina bersifat independen dan konsisten, yang dibentuk oleh pandangan dan kepentingan kita. Tidak ditentukan oleh pihak ketiga manapun,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, beberapa waktu lalu.

Pernyataan itu membuat India dianggap tidak peduli terhadap Yerusalem dan Palestina. Apalagi, belakangan negara yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi itu makin mesra dengan Israel.

Para kritikus mengatakan, posisi India tidak jelas mengenai Yerusalem. India seharusnya memberikan reaksi yang lebih keras atas klaim sepihak Trump tersebut.

“Respons yang lebih kuat akan menempatkan posisi India. Bagaimanapun, India perlu meminta dibuat solusi dua negara dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina,” kata Analis senior di Observer Research Foundation, Manoj Joshi seperti dilansir Al Jazeera, Selasa, (12/12).

Pada dekade sebelumnya, saat Partai Kongres tengah berkuasa, solidaritas terhadap Palestina merupakan bagian integral dari kebijakan luar negeri India.

Profesor di Universitas Jawaharlal Nehru Nivedita Menon mengatakan, komentar pemerintah mengenai Palestina menunjukkan dengan jelas perubahan sikap India terhadap Palestina.

“Tidak mengherankan jika India sekarang tidak akan mengatakan apapun terhadap Israel karena ada ikatan yang sedang dibangun di antara keduanya. Kedekatan pemerintah India saat ini dengan Israel juga disatukan oleh Islamofobia yang sangat jelas dari kedua rezim tersebut. Itu terlihat sangat jelas,” ujar Menon.

Selama ini, lanjut Menon, India selalu menyatakan solidaritasnya terhadap Palestina. India selalu menentang pendudukan Israel di Palestina.

Rakyat India yang demokratis masih mendukung Palestina, namun Pemerintah India sikapnya jelas berubah terhadap Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *