Jelang Sidang Perdana, Pengacara Belum Pastikan Novanto Hadir

Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, mengaku belum tahu apakah kliennya akan hadir di sidang perdana atau tidak. Ia menyebut kondisi Novanto tidak stabil.

“Kita lihat hari ini. (Terakhir komunikasi) dua hari yang lalu. (Kondisinya) up and down lah,” kata Firman di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Menurut Firman, proses peradilan harus memperhatikan kesehatan terdakwa. Menurutnya jika persidangan tetap dilanjutkan tanpa memperhatikan kesehatan Novanto maka membuat peradilan menjadi tak normal.

“Prinsip peradilan itu presential, kehadiran,” ujarnya.

“Kita ingin proses peradilan itu normal atau seperti apa? Mengadili seseorang dalam keadaan sakit justru menunjukkan peradilan tidak normal,” sambung Firman.

Sebagai informasi, terkait kondisi kesehatan Novanto, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan KPK terus berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aktivitas Novanto pun terus dipantau.

“(Novanto) Sehat. Kan pimpinan punya akses common room dari rutan, bukan ruang tidurnya. Kita bisa monitor, kita bisa lihat aktivitas beliau,” kata Agus di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *