Anggota Komisi I: Pemerintahan Jokowi-JK Terus Jaga Pancasila

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla memasuki usia 3 tahun. Di tengah berbagai isu yang menggerus nilai ideologi bangsa, pemerintahan JokowiJK dinilai mampu menjaga Pancasila.

“Perjuangan ideologi pemerintahan JokowiJK untuk terus menjaga Pancasila dan memperteguh kebhinekaan,” ujar anggota Komisi I DPR Charles Honoris kepada wartawan, Sabtu (21/10/2017).

Perjuangan tersebut menurutnya bukan hanya melalu slogan semata. Berbagai bentuk konkret dinilai Charles dilakukan JokowiJK, termasuk salah satunya dibuktikan dengan membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP).

“Serta membangkitkan kembali sejarah lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni. Wajar dan sangat layak jika tingkat kepuasan dan kepercayaan terhadap pemerintahan JokowiJK semakin meningkat,” tambah politikus PDIP itu.

Charles menyoroti soal surveisurvei yang menunjukkan tingginya kepuasan publik kepada pemerintahan JokowiJK dalam 3 tahun kepemimpinan mereka di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi. Itu menurutnya tidak terlepas dari berbagai gebrakan dan kebijakan yang dilakukan JokowiJK.

“Pembangunan infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa tetapi sudah sampai wilayahwilayah perbatasan dan terluar. Jokowi merupakan presiden dengan jumlah kunjungan kerja terbanyak ke wilayahwilayah terluar dan wilayah timur Indonesia,” tutur Charles.

Dia pun mengatakan, komitmen penegakan hukum dalam pemerintahan JokowiJK sudah terbukti nyata. Kinerja lembaga penegak hukum seperti Polri di era JokowiJK disebut Charles sudah jauh membaik.

“Program Saber Pungli menjadi momok bagi pelaku pungli di lingkungan pemerintah dari tingkat pusat sampai ke daerah,” kata dia.

“Presiden Jokowi juga secara konsisten komit terhadap upayaupaya pemberantasan korupsi dan menghadirkan pemerintah yang bersih dan transparan,” sambung Charles.

Tak hanya itu, postur perekonomian Indonesia pada kepemimpinan JokowiJK dianggap semakin menguat. Meski belum sempurna, menurut Charles, perbaikanperbaikan di bidang ekonomi saat ini kian menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan.

“Angka pengangguran Indonesia saat ini terendah dalam 18 tahun terakhir,” tutupnya.