Sakit Jantung, Mantan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan Meninggal Dunia

Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN asal Thailand, Surin Pitsuwan meninggal di usia 68 tahun. Surin meninggal karena serangan jantung.

Dilansir dari Bangkok Post, Surin terkena serangan jantung saat mempersiapkan pidato pada Kamis (30/11/2017) di Thailand Halal Assembly, Bangkok International Trade and Exhibition Centre. Surin sempat dilarikan ke Rumah Sakit Ramkhamhaeng namun kemudian diumumkan meninggal.

Surin, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Thailand, lahir pada 28 Oktober 1949 di Distrik Muang, Nakhon Si Thammarat. Dia lulus dari jurusan Ilmu Politik di Clarement College pada 1972 dan mendapatkan gelar master dari Universitas Harvard.

Surin terjun ke dunia politik pada tahun 1986 sebagai kadidat dari Partai Demokrat. Dia memenangkan kursi di kampung halamannya di Nakho Si Thammarat sejak 1986 hingga 2005.

Dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada 1997 hingga 2001. Surin merupakan orang Thailand pertama yang menjabat sebagai Sekjen ASEAN dan berkantor di Jakarta pada 2008 hingga 2013.

Usai tidak menjabat sebagai Sekjen ASEAN, Surin sempat kembali ke Partai Demokrat untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur Bangkok. Pemakaman Surin akan dilaksanakan di Tha It Mosque di distrik Pak Kret, Provinsi Nothaburi pada Jumat (1/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *