Roberto Martinez Resmi Jadi Pelatih Baru Timnas Belgia

Pria yang dipecat oleh Everton akhir musim lalu, dipilih oleh federasi Belgia untuk menggantikan Marc Wilmots yang dipecat pasca Euro 2016. Tantangan besar ada di tangan Martinez untuk menyulap generasi emas Belgia lebih bertaji di Piala Dunia 2018 mendatang.
Selama ini selalu ada alasan di balik kegagalan Belgia di sebuah turnamen internasional. Meskipun bertabur bintang-bintang yang bersinar di liga elite Eropa, nyatanya The Red Devils kerap gagal tampil apik. Di Piala Dunia 2014, mereka ditekuk Jerman. Sementara, musim panas ini, meski menembus perempat final, Belgia ditelan oleh Wales.
Marc Wilmots, sang pelatih Red Devils kala itu dianggap sebagai biang keladi. Mantan pemain kelas wahid Belgia ini dianggap kurang ampuh dalam meracik strategi, meski skuatnya dihuni nama-nama terkenal. Kini, setelah Wilmots dipecat, ada Roberto Martinez yang bertugas meloloskan The Red Devils ke Rusia dua tahun mendatang.

Roberto Martinez dikenal dunia sejak ia berhasil membawa Swansea City juara League One pada musim 2007-2008. Ia kemudian bergabung ke Wigan Athletic, tempat sekali lagi Martinez dipuji karena membuat tim gurem tersebut juara Piala FA 2012-2013. Nama yang makin melangit mengantarkan Martinez duduk di posisi manajer Everton.
Di musim pertama, Martinez sukses membawa Everton menembus peringkat lima Liga Inggris. Namun setelahnya, dalam dua musim beruntun, semuanya berantakan. Everton mengalami penurunan prestasi, hingga akhirnya Martinez dipecat bulan Mei 2016 lalu. Kini, Roberto Martinez punya kesempatan kembali menata kariernya, di timnas Belgia yang bisa jadi lebih sulit.

kluber-news.com poker5star Sumber: Sidomi