Ratusan Personel Polres Jaktim Siap Amankan Kedatangan Obama

liputan6 Aparat Polres Metro Jakarta Timur mempersiapkan pengamanan khusus untuk menyambut kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (30/6/2017).

“Hari ini ada penambahan kegiatan, yang harusnya hanya arus mudik Lebaran. Hari ini ada tambahan kedatangan tamu negara yang perlu kita amankan. Inilah bentuk sinergitas antardua operasi,” kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo saat menghadiri apel siaga pengamanan kedatangan Barack Obama di halaman Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

liputan6 Ia menambahkan, pihaknya menerjunkan sekira 400 personel untuk menjamin kedatangan mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu agar tak terjadi gangguan yang mengancam keselamatan Obama.

“Kurang lebih 400. Itu gabungan Kodim dan Polres Jakarta Timur,” ucapnya.

Andry mengungkapkan, ada 14 titik yang akan menjadi fokus pengamanan jajarannya. Keempat belas titik itu di antaranya bagian dalam bandara, sekitar luar bandara, dan ruas jalan tol yang akan dilalui Obama saat hendak ke Istana Bogor untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

“Kalau di rute 14 titik. Objek 1 titik. Area Halim 1 titik. Kemudian rute di luar itu ada 14 titik, termasuk JPO, pom bensin, persilangan, dan lain-lain,” ujarnya.

Namun, Andry belum mengetahui pasti waktu kedatangan Obama di Bandara Halim.

“Itu dinamis. Artinya kita bisa pastikan selalu siap. Informasi terakhir antara pukul 11.00 dan pukul 14.00 WIB,” tutup Andry.

liputan6 Sekedar diketahui, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga rencananya tiba di Istana Bogor pukul 15.40 WIB, dengan berangkat dari Jakarta.

Rencananya Presiden Joko Widodo akan menjamu Obama dan keluarganya di Green Garden Cafe yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Obama telah berada di Indonesia sejak Jumat 23 Juni 2017 dan langsung menuju Bali. Ia berlibur bersama istrinya Michelle Obama, dan kedua putrinya Malia serta Natasha atau Sasha si bungsu.

Lalu Obama akan mengakhiri liburan di Tanah Air pada Minggu 2 Juli 2017 dan akan bertolak ke Seoul, Korea Selatan. liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *