Perhutani Siapkan Anggaran Rp 100 Miliar Bangun Wisata di Banyuwangi

Perum Perhutani berencana menggelontorkan anggaran Rp 100 miliar untuk membangun salah satu destinasi wisata di Banyuwangi. Salah satu yang dibidik adalah Pantai Pulau Merah, di Kecamatan Pesanggaran.

Direktur Utama Perhutani, Denaldy M Mauna, langsung terjun untuk melihat langsung kondisi dari kawasan pantai yang berada di Selatan Banyuwangi ini, Jumat (15/12/2017).

“Saya masih melihat dulu apakah Pulau Merah ini bisa menjadi destinasi wisata andalan Perhutani. Saya melihatnya bagus sekali disini, sangat potensial untuk lokasi investasi Perhutani,” kata Denaldy M Mauna kepada wartawan.

Sesuai dengan konsep yang diajukan konsultan, kata Denaldy, anggaran Rp 100 miliar nantinya akan dibangun beberapa infrastruktur. Antara lain penginapan berupa cottage, tracking dan decking. Konsep yang ditawarkan diakui sangat unik. Tidak semua lokasi pantai seperti konsep pembangunan di Pantai Pulau Merah.

“Ini konsep baru. Ini agak sedikit unik karena beberapa pantai yang saya kunjungi itu biasanya murni pantai dengan cottage, kalau disini ada view deckingnya. Di Bali saya belum pernah melihat konsep seeprti ini. Bahkan pantai di luar negeri tidak ada. Kami akan teliti terlebih dahulu,” tambahnya.

Namun, menurut Denaldi, pihaknya berharap adanya keseriusan Pemkab Banyuwangi dalam membangun infrastruktur jalan menuju destinasi wisata Pulau Merah. Jangan sampai ketika investasi tersebut digelontorkan, faktor aksesibilitas menuju destinasi wisata tersebut belum siap.

“Pemerintah di sini memang support dengan pengembangan destinasi wisata. Tapi kita harus memastikan saja karena investasi di sini jika jadi sangat besar,” tambahnya.

Sementara saat kunjungan di Pantai Pulau Merah, Direktur Utama Perhutani, Denaldy M Mauna juga menyempatkan diri melepasliarkan 35 ekor tukik (anak Penyu) bersama dengan jajaran managemen Perhutani. Tukik-tukik tersebut merupakan hasil penetasan Taman Nasional Merubetiri. Tak hanya itu, demi keasrian dan sebagai gerak cinta lingkungan, Dirut Perhutani dan jajaran menanam beberapa jenis pohon di sekitar pantai Pulau Merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *