Isyanto Warga Ponorogo Perajin Wayang Berlapis Emas

Isyanto, warga Ponorogo ini berprofesi sebagai perajin wayang. Tak tanggung-tanggung wayang buatannya bahkan ada yang dilapisi lembaran emas.

Untuk satu tokoh wayang, Isyanto biasanya membutuhkan waktu 3-4 hari lamanya. Pasalnya detail dalam pembuatan wayang sangat diperhatikan.

“Kalau matanya kelebaran satu inci atau tangannya kependekan satu inci, sudah berubah bentuk wayangnya,” tutur Isyanto saat ditemui di kediamannya Jalan Rumpuk, Desa Ronowijayan, Kecamatan Babadan, Rabu (3/1/2018).

Satu wayang berlapis emas buatan Isyanto dibanderol mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta, tergantung tingkat kerumitan. Selain berlapis emas, keunggulan wayang ini juga dibuat dari tanduk atau gapit kerbau bule unggulan yang harus diimpor.

“Kulitnya pun harus yang benar-benar berkualitas,” jelasnya.

Bapak lima anak ini menuturkan wayang buatannya khusus untuk para kolektor dan dalang. Kalau untuk dalang, dia tidak memakai lembaran emas.

“Untuk mendapatkan wayang buatan saya tidaklah mudah, harus rela antre berbulan-bulan,” ujarnya.

Keahlian membuat wayang ini tidak serta merta didapat oleh Isyanto. Dia bahkan harus belajar membuat wayang hingga ke Solo dan membutuhkan waktu berpuluh tahun agar membuat hasil karyanya lebih sempurna.

“Dulu saya enam tahun baru bisa bikin wayang, baru kalau sudah 10 tahun lebih baru diakui karyanya,” terangnya.

Sejak tahun 1983, dia menjalani profesi sebagai pengrajin wayang. Ia mengaku jatuh cinta dengan wayang khas Solo, Klaten, Jawa Tengah. Saat ini dia menyayangkan regenerasi perajin wayang masih sulit.

“Karena kalau mau jadi perajin wayang, harus belajar filosofinya juga,” paparnya.

Terutama, tambah dia, bagian-bagian dari wayang. Mulai dari karakter, postur, pemilihan warna dan seterusnya. Inilah yang membutuhkan waktu belajar yang tidak sebentar.

“Bahkan ada yang belajar membuat wayang kesini tapi mengundurkan diri karena tidak sanggup,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *