Harga Ayam Potong Naik, Itu pun Lebih Kecil

Sudah sepekan masuk 2018, harga sejumlah kebutuhan pokok belum stabil. Antara lain, ayam potong harganya sudah tembus Rp 35 ribu per kilogram.

Sementara, harga kebutuhan yang lain berangsur turun meski belum stabil sepenuhnya.

Sri Pujiati, 47, pedagang di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo, Jatim, menjelaskan, kenaikan harga ayam potong seperti sekarang belum pernah terjadi sebelummya.

Yakni, kenaikan harga terkait momen tahun baru. ‘’Normalnya Rp 28 per kilo, tapi ini sudah Rp 35 per kilogram,’’ ungkapnya, Minggu (7/1).

Sri menambahkan, harga ayam potong melejit naik sejak empat hari lalu. Disebutkannya, kenaikan harga itu terjadi lantaran minimnya pasokan ayam potong.

Dia hanya mendapatkan separo jatah dari pemasok ayam potong. ‘’Katanya sedang tidak ada barang. Kalaupun ada, ukurannya kecil-kecil, tidak seperti biasanya,’’ ujar Sri.

Ya, di saat harga ayam potong melambung tinggi hingga menembus Rp 35 per kilo, barangnya malah semakin kecil. Tak urung, sering Sri diprotes pelanggannya.

Banyak calon pembeli yang mlengos saat mengetahui harga ayam beserta ukurannya yang tidak besar seperti biasanya.

‘’Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah seperti ini. Biasanya kalau tahun baru memang naik, tapi segera turun. Eh, ini malah naik terus,’’ paparnya.

Ikut-ikutan ayam potong, harga beras juga mengalami kenaikan kendati tidak begitu mencolok. Harmini, 42, salah seorang pedagang beras merinci harga tiga jenis beras berdasarkan kualitasnya.

Beras wangi, dari yang biasanya dijual Rp 11 ribu sekarang menjadi Rp 11,5 ribu per kilogram.

Beras kelas sedang, menjadi Rp 11 ribu dari biasanya Rp 10 ribu per kilogram. Semantara Rp 9,5 ribu harus dibayar untuk beras biasa yang lumrahnya dijual Rp 9 ribu per kilogram.

‘’Ketan putih naik banyak, biasanya Rp 16 ribu sekarang jadi Rp 20 ribu satu kilonya,’’ kata Harmini.

Berbeda dengan ayam potong, sejumlah kebutuhan pokok yang lain sudah mengalami penurunan kendati belum jatuh di harga nomal.

Misalnya, harga cabai rawit merah yang sempat tembus Rp 45 ribu per kilogram, sekarang mulai turun menjadi Rp 38 ribu. Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Ponorogo, ada juga harga kebutuhan pokok yang stabil tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *