Hadirkan Kafe Kontainer Zaman Now untuk Gairahkan Pantai Prigi

Sejumlah kafe kontainer bernuasa modern di kawasan wisata Pantai Prigi, dihadirkan Pemkab Trenggalek. Ini untuk mendongkak tingkat kunjungan wisata.

Wakil Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, mengatakan pada tahap awal pihaknya menyiapkan enam unit kafe kontainer. Bangunan portabel tersebut diperoleh dari program CSR dari sejumlah bank negara serta pengadaan melalui APBD Trenggalek.

“Saat ini seluruh kontainer sudah datang dan sedang proses pemasangan. Untuk lokasinya ditempatkan di sisi barat atau di dekatnya lokasi lapangan volly dan sepak bola pantai,” ujarnya kepada detikcom, Kamis (14/12/2017).

Menurutnya, konsep kafe modern tersebut sengaja dihadirkan untuk memberikan nuansa berbeda di kawasan wisata andalan Trenggalek. Sehingga mampu menghidupkan suasana di kawasan wisata pada siang maupun malam hari. Selain itu juga untuk memberikan dorongan kepada para pedagang agar lebih mengedepankan kebersihan.

“Sebetulnya bukan masalah kafe kontainer atau modernnya, tapi kami ingin lebih mengedepankan sisi kebersihannya. Walapun tradisional, kalau kebersihan dijaga dengan baik dan higienis pasti juga lebih menarik,” ujarnya.

Orang nomor dua di Pemkab Trenggalek ini menjelaskan, untuk pengelolaan aset baru tersebut akan berada di bawah kendali Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Untuk pengadaan di dinas lain, nantinya akan diserahkanterimakan pengeolaanya ke dinas pariwisata. Sedangkan untuk pedagang yang akan menempati adalah pedagang baru, namun merupakan warga lokal Prigi,” imbuh Arifin.

Pihaknya mengaku, apabila konsep baru tersebut telah berjalan dengan baik, pihaknya juga berencana akan melakukan revitalisasi kawasan pedagang lama dengan konsep serupa atau konsep yang lebih menarik.

“Sebetulnya awalnya, kafe kontainer itu akan digunakan untuk revitalisasi pedagang lama, tapi karena mereka baru saja direlokasi dan pedagangnya lebih banyak maka tidak mungkin, kan hanya enam kontainer,” katanya.

Dia berharap, kehadiran kafe bernuansa kekinian itu mampu memberikan dampak positif terhadap tingkat kunjungan wisata, kenyamanan sekaligus kepuasan bagi setiap wisatawan yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *