Gempa Tektonik 4,6 SR Guncang Poso

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,6 Skala Richer (SR) mengguncang Kabupaten Poso Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (15/2), pukul 06.33 Wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi pusat gempa berada di darat, 30 kilometer (km) arah barat laut Kota Poso, pada koordinat 1,28 LS–120,51 BT kedalaman 19 km.

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar Tokararu,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili, Kamis (15/2) pagi.

Petrus mengatakan, guncangan gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara IV MMI di Tambarana Kabupaten Poso dan daerah sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / II-III MMI) di Tambarana, Kasiguncu, Kota Poso, dan lembah Napu.

Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *