Durian Mlancu Kediri Rasanya Dikenal Legit Mirip Dodol, Penasaran?

Desa Mlancu, merupakan desa terpencil di paling ujung timur Kabupaten Kediri. Desa berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Jombang, ini menyimpan potensi hasil pertanian dan perkebunan yang terkenal di Jawa Timur. Seperti durian dan rambutan.

Durian khas Mlancu, Kandangan ini dikenal memiliki rasa yang cukup legit, manis dan unik, karena lengket di lidah saat dimakan. Hampir mirip seperti dodol (jenang).

Ainun, salah seorang wisatawan asal Kota Kediri yang ditemui di lokasi mengaku dirinya tak menyangka di Desa Mlancu ada surga durian yang tidak akan rugi jika dikunjungi. Sebab selain murah, rasanya tak mengecewakan.

“Kaget saya, di Mlancu ada durian yang rasanya seperti jenang (legit) yang manis dan murah, meskipun lokasinya cukup terpencil,” jelas Ainun yang ditemui detikcom usai memborong durian, Selasa (5/11/2017).

Bagi Ainun, harga duriannya cukup bervariasi. Mulai Rp 15.000-Rp 25.000, tergantung ukuran durian. Sedangkan untuk rambutan Aceh Rp 4.500/kg dan untuk rambutan binjai Rp 10.000/kg.

Kepala Dusun Slumbung, Desa Mlancu, Mulyono menjelaskan pohon durian di wilayahnya sangat melimpah. Sekitar 500 pohon durian. Di bulan Februari nanti rencananya digelar panen raya durian di Mlancu, Kandangan.

“Panen raya durian bulan Februari, di bulan itulah ada perhelatan besar di Dusun Mlancu pesta durian,” jelas Mulyono.

Sementara Kepala Desa Mlancu M. Mahfud mengaku desanya terdiri dari 5 dusun. Yakni Dusun Slumbung, Dusun Mloyo, Dusun Mlancu, Dusun Kwaringan dan Dusun Celep. Rata-rata, para penduduk bertani, berkebun dan peternak sapi perah.

Selain memiliki durian, di wilayahnya juga ada pohon rambutan binjai. Sejak tahun 1982 warga menanam rambutan jenis binjai, bahkan warga ada yang turun temurun menanam rambutan.

“Dulu kebun rambutan ini milik mantan Kepala Desa Mlancu yang juga sebagai orang tua saya. Mulai tanam rambutan jenis binjai sekitar tahun 1982, 1983. Saat itu saya masih sekolah SMP, jenis ini sangat enak sekali,” kata Mahfud kepada detikcom.

Dia mengaku untuk penjualan, terbanyak ke Jombang. Untuk suplainya ke Pasar Kandangan. Bahkan ada yang diambil pengepul.

“Pengepul biasanya harganya murah. 1 Kg sekitar Rp 4.500 s/d Rp 10.000 bisa membawa pulang rambutan binjai,” jelas Mahfud.

Bagi yang ingin merasakan rasa khas durian, bisa menempuh perjalanan dari pusat Kabupaten Kediri ke Kecamatan Kandangan, sejauh 40 Km. Dan lokasi Mlancu berada tepat 8 Km dari Kantor Kecamatan Kandangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *